Selasa, 02 Juni 2009

OPINI SISWA (Dampak globalisasi bagi remaja)


DAMPAK GLOBALISASI BAGI REMAJA INDONESIA

Globalisasi mengakibatkan para remaja lebih menyukai budaya barat daripada budaya timur, atau yang sering disebut xetnocentris . Hal ini terjadi karena bangsa – bangsa barat lebih maju dan lebih “ Gaul “ ( di mata remaja sekarang ) daripada bangsa-bangsa timur yang masih sangat menyongsong adat istiadat di karenakan sudah tidak ada lagi batas ke senjangan antar negara, padahal bila di bandingkan dengan budaya barat, budaya kita lebih beragam,lebih memiliki adapt istiadat yang sangat kental dan lebih menghargai satu dengan yang lain.
Sebenarnya jika lebih jeli dalam menanggapi globalisasi ini,,kita bisa mengambil dampak positifnya,seperti : menjelajah wawasan di dunia internet tapi tentu ,jelas ,harus dengan “ positif thinking “ , teknologinya juga semakin maju ( handphone) , wawasan dunia education.
Sedangkan dampak negatifnya , seperti menyalahgunakan wawasan di dunia maya dengan “ negative thinking “ , remaja lebih terpacu untuk bermain SMS daripada untuk belajar , remaja telah mengenal miras , dugem bahkan menikmati dunia malam yang cenderung Glamour & Fulgar , dan buakn ahnya itu saja bahkan remaja masa kini telah mengkonsumsi pakain yang tidak sopan.
Sebaiknya, sebagai remaja yang akan mewarisi budaya bangsa ,,kita boleh- boleh saja mengkonsumsi hal tersebut tapi,,kita juga harus pintar-pintar untuk memilih mana yang cocok dengan budaya kita dan mana yang tidak berkesinambungan,,

“ JADI…TEGAKKAN BUDAYA
BANGSA KITA “


BY :
1. AULIA CHATRIN .P. ( 06)
2. DINI PRATIWI (11)
3. FARAH.D.K.N.H (12)
4. INTAN PRISILIA (20)
5. LUPITA SARI (21)
6. THALITA LAILY (30)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar