Selasa, 02 Juni 2009

OPINI SISWA (Arti sebuah kehidupan)




Sebuah Perjuangan
Karya Idza Latifah

Hidup dalam sebuah kehidupan
Hitam putih harus dilalui
Membawa liku-liku pertikaian
Yang tak akan pernah berhenti
Oleh sebuah perjuangan
Detik demi detik ku lalui
Meski hidup kadang tak berarti
Ku berjalan merambati hari
Meski hinaan tak akan berakhir
Untuk meraih masa depan yang ceria

Kita hidup penuh dengan perjuangan. Itulah yang akan kita bahas nanti.
Data ini saya ambil dari beberapa teman-teman kita.

Menurut Dhita Nur Effani
Hidup ini penuh liku-liku, ada senang ada susah. Untuk menuju kesenanan pastilah melalui proses yang panjang. Ada yang merangkak dari nol ada juga yang langsung hidup senang. Seseorang yang merangkak dari nol pastinya tidak semulus yang difikirkan. Dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan, hal ini dikarenakan perbandingan yang tak seimbang antara jumlah pencari kerja dengan lapangan pekerjaan. Dengan demikian siapapun yang ingin hidup haruslah ulet, sabar dengan disertai keikhlasan dalam melakukan pekerjaan.

Menurut Lia W Gati
Karena perjuangan, pengorbanan dan yang harus didasari dengan akidah-akidah serta dengan doa. Sebagaimana tujuan kita yang akan dihadapi segala cobaan yang Tuhan berikan kepada kita. Semoga Tuhan meridhoi dan akan mengabulkan sebagai harapan kita dalam hati agar diberikan keselamatan dan keberhasilan yang merupakan suatu keuntungan kita.
Kita berjuang harus didasari dengan keikhlasan dan ketulusan hati karena perjuangan ini sudah barang tentu. Timbul dari dalam hati nurani kita sendiri tanpa dipengaruhi dari pihak-pihak lain. Pengorbanan akan terlihat dari kemampuan pribadi kita sendiri. Karena tanpa pengorbanan apa yang direncanakan untuk kelak hari pasti tidak akan terwujud. Dan kerena tulus dan keikhlasan semoga bisa diterima oleh khalayak umum.
Karena kita hidup bertetangga hidup bermasyarakat maka dari kita sendiri pasti akan dinilai oleh masyarakat itu sendiiri. Sehingga adaptasi kita terhadap masyarakat akan lebih diterima dengan mudah dan akan dinilai kejujurannya karena kita selalu rendah diri dan selalu menghormatikepada sesama. Sehingga ini merupakan keberhasilan yang akan menuju ke harapan kita hidup tentram damai dan sejahtera. Kesemuanya itu sudah termasuk fisi dan misi atau rencana dan pelaksanaan progam kita yang mesti harus kita laksanaan hidup kesehariannya. Harapan kita fisi dan misi ini kita tetap bisa melaksanakan dengan melangkah pelan tapi pasti.

Menurut Idza latifah
Karena hidup ini terasa hampa dan tak akan berarti tanpa adanya perjuangan. Dengan adanya perjuangan pasti akan datang sebuah keberhasilan. Dengan contah sebagai berikut.
Perjuangan seorang siswa, dengan harus bangun pagi dan berangkat sekolah, mengerjakan tugas menghadapi berbagai macam-macam materi dll. Apa yang akan didapat siswa tersebut? Siswa tersebut akan mendapatkan atau meraih cita-cita yang selama ini diimpikan. Akan lebih disiplin dan bertanggung jawab
Dengan contoh di atas kita akan tahu bagaimana sulitnya menghadapi rintangan hidup. Dan kita harus ada dalam rintangan ini. Dengan rintangan itulah kita akan memperjuangkan hidup ini. Karena hidup tak akan pernah jauh dari sebuah rintangan.

Menurut Retno Larasati
Karena dalam hidup ini ada saja cobaan yang harus kita lalui. Mulai dari yang ringan, sedang, maupun yang berat sekalipun. Terkadang kita selalu mengeluh atas cobaan yang diberikan dari Tuhan. Tergantung kita bisa tidaknya menahan hawa nafsu dan selalu berkeyakinan untuk melalui cobaan yang diberikan.
Seperti halnya ujian, kita bisa kalau kita merasa bisa mengerjakan soal dalam ujian tersebut dan memenuhi kriteria maka kita dianggap lulus.
Itu ibaratnya hidup kita ini, bila kita bisa melalui ujian yang diberikan Tuhan maka kita akan lulus. Karena dihidup ini kita seperti penggembara yang sedang beristirahat, untuk memperoleh yang kita inginkan. Maka kita harus berusaha.

Menurut keputusan kelompok

 Kehidupan manusia sebagai sebuah pencarian tanpa henti, Pencarian yang diupayakan secara terus-menerus, melibatkan seluruh kemampuan kita sebagai manusia, dengan segenap jiwa dan raga, akal dan perasaan, Pencarian mengandalkan adanya perjuangan, karena makna atau arti kehidupan itu, tidak dijumpai, tanpa diusahakan dan diperjuangkan, walaupun apa yang dicari sesungguhnya ada dalam pengalaman hidup kita setiap hari.

 Karena di dunia ini tidak ada manusia satupun yang sempurna, maka dari itu manusia berusaha untuk menutupi ketidaksempurnaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar